Babinsa Sidorejo Dukung Warganya Dalam Pengembangan Pupuk Organik Pengganti Pupuk Kimia

 

NGAWI ,BUSERJATIM .COM GRUOP– Babinsa Karangjati Berikan motivasi Kepada warga binaannya dalam Pengembangan pupuk organik sebagai pengganti pupuk kimia guna meningkatkan kualitas hasil panen pertanian. Ini dilakukan oleh Kelompok Tani Makmur Jaya Sentosa di Dusun Karangpoh, Desa Sidorejo, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi. Minggu ( 7/4/2024 )

Bacaan Lainnya

Dalam praktek pembuatan pupuk organik tersebut, Babinsa Sertu Rudi turut hadir membantu dalam memberikan pendampingan pembuatan pupuk organik yang dilakukan oleh Kelompok Tani di wilayahnya.

Dalam keterangannya, Sertu Rudi mengatakan sudah merupakan suatu kewajiban bagi dirinya sebagai seorang Babinsa dalam melakukan pendampingan Program Ketahanan Pangan di wilayah binaannya, seperti yang dilakukan saat ini dalam mengolah pembuatan pupuk organik.

Menurutnya, kebutuhan akan pupuk terhadap lahan pertanian petani memang tidak seluruhnya dipenuhi dengan pupuk kimia yang diproduksi oleh pabrikan. Akan tetapi, untuk menghemat serta memperbaiki unsur hara pada tanah pupuk organik merupakan alternatif yang terbaik.

“Saya sangat mendukung penuh terhadap penggunaan pupuk organik, disamping bahannya mudah didapat dilingkungan sekitar, pembuatannya juga relatif gampang,” ujar Sertu Rudi.

Ia juga menuturkan bahwa kegiatan pembuatan pupuk organik yang dilakukan ini nantinya akan digunakan untuk pengisian pada 300 lubang tanaman yang telah disiapkan.

“Pengunaan pupuk organik ini sangat cocok pada lahan dengan menggunakan sistem tanam olah lubang yang bertujuan untuk meningkatkan unsur hara dalam tanah dihadapi dengan kondisi musim hujan di wilayah Kabupaten Ngawi pada umumnya yang terbilang sangat pendek.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *